Gara-gara corona, dunia mulai kekurangan kondom

0
38

TogelCC – JAKARTA. Kebijakan lockdown untuk menghambat laju penyebaran virus corona telah menyebabkan kelangkaan kondom secara global. Hal itu disebabkan produsen utama kondom dunia telah menghentikan produksi.

Mengutip Reuters, Sabtu (28/3), salah satu perusahaan kondom terbesar dunia yakni Karex Bhd Malaysia mengatakan pihaknya belum menghasilkan satu pun kondom dari tiga pabriknya di Malaysia selama lebih dari seminggu karena kebijakan lockdown pemerintah Malaysia untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Baca Juga: Bill Gates ungkap bagaimana seharusnya menyikapi penyebaran wabah covid-19

Padahal dalam sepekan perusahaan ini bisa memproduksi 100 juta kondom yang dipasarkan secara internasional oleh merek-merek seperti Durex. Kondom ini dipasok ke sistem perawatan kesehatan negara seperti NHS Inggris atau didistribusikan oleh program bantuan seperti Dana Populasi PBB.

Krisis ini akhirnya memaksa pemerintah Malaysia memberi izin kepada Karex untuk kembali memproduksi kondom pada hari Jumat (27/3). Namun Karex hanya diperbolehkan memproduksi 50% saja dari tenaga kerjanya, dan izin ini merupakan pengecualian khusus bagi industri yang kritis.

Baca Juga: Paus Fransiskus berikan berkat luar biasa yang dramatis untuk hilangkan virus corona