Kementan pastikan distribusi pangan lancar dalam tengah pandemi virus corona

0
57

Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Noverius Laoli

DOMINOQQ – JAKARTA . Kementerian Pertanian (Kementan) akan mengambil distribusi pangan nasional dapat berjalan lancar di tengah wabah virus corona (Covid-19).

Terlebih, wilayah Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) kini menjelma zona merah dalam penyebaran virus corona. Meski begitu, kebutuhan bertabur bagi masyarakat harus tetap terpenuhi.

“Meskipun red zone, membentuk masyarakat tetap butuh pangan. Petani kita tetap berproduksi dan melakukan distribusi secara lancar, ” ujar Kepala Pusat Distribusi dan Persediaan Pangan, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan Risfaheri di dalam masukan tertulis, Sabtu (28/3).

Baca Juga: Ada pembebasan impor, Sentra Food (FOOD) berharap harga hati bombai segera turun

Risfaheri mengatakan, Kementan tetap memastikan agar stok dan produksi ada di sektor hulu. Tengah, kelancaran distribusi berada pada suruhan pokok dan fungsi (tupoksi) Departemen Perdagangan (Kemendag).

“Namun karena ini menyangkut hajat hidup masyarakat, Kementan tentunya berupaya supaya pangan tersebut sampai ke bangsa sehingga bisa tercukupi, ” paparnya.

Salah satu upaya yang dilakukan Kementan, adalah berkoordinasi dengan PD Pasar Jaya pada DKI Jakarta, Gapoktan, dan karakter usaha lainnya untuk memastikan keinginan pangan bisa terpenuhi dengan piawai.

Untuk memastikan pasokan pangan tetap tersedia, Toko Tani Indonesia Center (TTIC) di Jakarta maupun Bogor akan tetap bekerja untuk menyediakan bahan pangan dengan harga yang terjangkau.

Menurut Risfaheri, TTI memiliki buah psikologis yang kuat dan eksistensi TTI dapat menjadi alternatif kelompok untuk mendapatkan bahan pangan mendasar yang berkualitas dan terjangkau.

Baca Juga: Produksi Habis Lebaran, Gula Kian Langka di Pasar

Ketersediaan & distribusi yang lancar ke TTIC juga diakui Manajer Toko Tani Indonesia Center, Badan Ketahanan Bertabur (BKP) Kementerian Pertanian, Inti Bumi Nashwari.