Pabrik stop beroperasi, Cahayaputra Asa Keramik masih hitung efeknya ke kemampuan

0
272

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN. CO. ID berantakan JAKARTA . Emiten keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) masih menghitung-hitung dampak wabah corona ke kinerja keuangan di kuartal II 2020 ini.

Sebab, setelah tempo hari mengeluh ke Bursa Efek Indonesia (BEI) tentang ekspansi penambahan kapasitas pabrik yang tertunda. Tak lama bercelah, CAKK melapor lagi telah mendiamkan produksi di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Sekretaris perusahaan Cahayaputra Asa Keramik Juli Berliana mengatakan, aktivitas produksi dihentikan, namun kegiatan untuk maintenance mesin langgeng berjalan.

Baca Juga: Duh, industri keramik tertekan pelemahan rupiah dan pandemi virus corona

Menurut Juli, jalan ini dilakukan CAKK sehubungan dengan makin maraknya wabah Covid-19 jadi diterapkannya social distancing maupun work from home (WFH) yang banyak mempengaruhi aktivitas perusahaan.

Dengan adanya Surat Edaran dari Bupati Karawang mengenai Himabauan Penutupan Tengah Kegiatan Usaha, Cahayaputra Asa Keramik pun menghentikan kegiatan produksi untuk sementara waktu, terhitung mulai lantaran 1 April 2020.

“Hal ini terpaksa kami kerjakan mengingat daya beli pasar dengan juga menurun drastis dan adanya pemberlakuan karantina wilayah di beberapa daerah di Indonesia, ” ujarnya kepada Kontan. co. id. Senin (6/4).

Juli menyatakan untuk menjaga agar arus simpanan tidak sampai terganggu dengan penurunan aktivitas pengeluaran barang, diharapkan dengan penghentian produksi untuk sementara zaman adalah jalan terbaik bagi kelangsungan CAKK.

Meski tersedia penutupan pabrik sementara waktu, Juli belum bisa buka-bukaan soal dampaknya ke kuartal II 2020. “Sejauh ini masih kami hitung, ” kata Juli.

Sebelum surat edaran ini dikeluarkan, Cahayaputra Asa Keramik juga mengakui menunda penambahan kapasitas produksi pabrik Karawang karena adanya travel banned dari pemerintah lndonesia dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19 sehingga pengiriman instrumen Ex. ltalia dan China menikmati penundaan.

Padahal tadinya CAKK berencana melakukan penambahan kapasitas pabrik yang bisa mengungkit daya produksi hingga 47% di kuartal II 2020.

Supaya tetap ada pemasukan, Juli memasukkan, saat ini CAKK masih melaksanakan usaha yang terbaik untuk menjajakan stok keramik yang ada ke daerah yang masih dapat menyerap produk perusahaan.

Baca Juga: Dampak corona, Cahayaputra Asa Seling (CAKK) tunda penambahan kapasitas produksi