Makna Minyak Mentah US$ 11, 82 per barel, begini nasib ke penerimaan negara 2020

0
399

Reporter: Bidara Pink | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN. CO. ID – Harga patra mentah, semakin jatuh di tengan pandemi virus corana Covid-19. Merosotnya harga minyak ini tentu semakin menekan penerimaan negara di pusat perlambatan ekonomi menghadapi krisis akibat penyebaran virus corona Covid-19.

Berdasarkan data CNBC, nilai minyak West Texas Intermediate (WTI) kontrak Mei 2020 turun ke level US$ 11, 82 per barel di New York Mercantile Exchange. Tekanan harga minyak hijau ini mencapai 35% pada Senin (20/4).

Tekanan makna minyak ini juga tercatat adalah level terendah baru dalam 21 tahun.

Penurunan ini tentu akan mempengaruhi harga minyak mentah Indonesia alias Indonesia Crude Price (ICP). Sementara dalam skenario berat pemerintah, ICP tahun ini bisa tertekan ke level US$ 38 per barel dan tertindas ke level US$ 31 per barel dalam skenario sangat berat.

Hal ini tentu akan berdampak pada penerimaan negeri di Anggaran pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Berdasarkan hisab sensitivitas asumsi dasar makro di dalam Nota Keuangan dan APBN 2020, setiap ada kenaikan ICP sejumlah US$ 1 barel akan menambah penerimaan negara sebesar Rp 3, 6 triliun-Rp 4, 2 triliun.

Selain itu juga akan menambah belanja negara Rp 3, 1 triliun-Rp 3, 9 triliun. Sementara defisit anggaran bakal bertambah sebesar Rp 1, 3 triliun-Rp 1, 8 triliun.

Sebaliknya, jika ICP mendarat, maka penerimaan, belanja, dan kekurangan anggaran juga akan berkurang sebesar itu.

Namun, Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan (Kemkeu) Askolani mengatakan, pemerintah masih akan terus memantau perkembangan kehormatan minyak dan pengaruhnya terhadap arahan negara.

Ia menambahkan, pemerintah hingga kini masih menggunakan rerata ICP hingga Maret untuk perhitungan APBN di tahun ini yang masih di kisaran US$ 50 per barel.

“Tentu kami akan melihat trend minyak ini sampai dengan akhirusanah 2020. Jadi bukan harian atau mingguan untuk saat ini, ” tandasnya

Sokongan dari Anda akan menambah sifat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.