Dana Cukai awasi pemulangan ratusan TKI asal Malaysia jalur laut

0
289

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Pada tengah pandemi Covid-19, para praktisi migran atau Tenaga Kerja Nusantara (TKI) kembali dipulangkan ke Tanah Air dari Malaysia melalui jalur bahar di dua lokasi, Pelabuhan Teluk Nibung, Senin (27/4) dan Pelabuhan Sri Bintan Pura, Rabu (29/4).

“Sebanyak 122 orang TKI dipulangkan dari Port Klang, Malaysia menggunakan Kapal Ferry meniti Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjungbalai untuk kemudian dilanjutkan menuju Kabupaten Batubara, ” ungkap Kepala Kantor Imbalan Cukai Teluk Nibung, I Wayan Sapta Dharma, Selasa (5/5).

Ia menjelaskan pemulangan TKI ini mendapatkan perhatian khusus dibanding Pemerintah Kabupaten Batubara, Pemerintah Kota Tanjungbalai dan Instansi Terkait di Pelabuhan Teluk Nibung.

Baca Juga: Bea Cukai beri penyerasian proses administrasi dan pemanfaatan SKA selama covid-19

Atas hal itu, sebelumnya telah dilaksanakan koordinasi dan simulasi beserta oleh seluruh pihak terkait jalan kepulangan TKI ini.

Dalam pelaksanaannya, Bea Cukai Teluk Nibung beserta seluruh instansi terkait di Pelabuhan Teluk Nibung & Tim Gugus Tugas Covid-19 mewujudkan tugas dan fungsi masing-masing dengan tetap berpedoman pada protokol pencegahan Covid-19.

Bea Tol Teluk Nibung tetap hadir menganjurkan pelayanan dan pengawasan dalam penyeliaan barang bawaan penumpang dan pesawat sarana pengangkut.

“Seluruh 122 orang TKI tersebut lalu dibawa pulang menuju Kabupaten Batubara menggunakan bus Pemda Batubara serta akan mendapatkan tindakan karantina, ” lanjut I Wayan.

Kemudian, pengawasan terhadap kepulangan 240 orang TKI dari Malaysia selanjutnya dilaksanakan oleh Bea Cukai Tanjung Pinang di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang pada Rabu (29/4) lalu.

Pemulangan terhadap 240 WNI asal Malaysia ini dilaksanakan melalui transportasi laut yakni Kapal Ferry MV Marina Syahputra 1 dan Ferry MV Cermin Indah 99 yang dijadwalkan tiba di Pelabuhan Sri Bintan Pura pada pukul 13. 00 masa setempat.

Sesuai dengan peraturan yang berlaku, maka kepada setiap orang yang masuk ke dalam Indonesia wajib dilakukan penjagaan oleh Petugas Bea dan Bea.

Baca Juga: Bea Tol kembali gagalkan peredaran rokok gelap dari Madiun dan Cirebon

Tentunya dengan lestari memperhatikan procedural pencegahan Covid-19, para petugas Bea Cukai Tanjungpinang melaksanakan pemeriksaan dengan mengenakan alat pelindung diri (APD).

Besar Kantor Bea Cukai Tanjungpinang, M. Syahirul Alim menyampaikan dengan ini Bea Cukai Tanjungpinang menunjukkan kesiap-siagaan di setiap pengawasan dan pelayanan dalam segala kondisi, namun tetap memperhatikan keselamatan setiap personelnya.

“Dengan telah dilaksanakannya segenap protokol pencegahan Covid-19 di pemulangan TKI ini, diharapkan petugas dapat terhindar dari penularan virus & seluruh TKI dapat kembali ke rumah bersama keluarga dengan keadaan sehat, ” harap Syahirul.

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyediakan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih berasaskan perhatian Anda, tersedia voucer percuma senilai donasi yang bisa dimanfaatkan berbelanja di KONTAN Store.