Waspada, kekhawatiran gelombang kedua wabah corona membayangi IHSG

0
283

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menyusut 50, 37 poin atau 1, 09% ke level 4. 588, 73 pada Selasa (12/5). Dari 10 indeks sektoral di Bursa Efek Indonesia (BEI), tujuh di antaranya merosot pada hari ini.

Indeks keuangan mengalami penurunan terdalam 2, 33%, kemudian sektor pertanian menyusut 2, 10, infrastruktur 1, 80%, aneka industri 1, 80%, tambang 1, 32%, konstruksi 0, 60%, dan perdagangan terkoreksi 0, 54%.

Baca Juga: Indofood CBP (ICBP) dikabarkan bidik dana jumbo, simak rekomendasi analis

Investor asing mencatat net sell atau penjualan bersih Rp 1, 04 triliun di seluruh pasar. Saham-saham dengan penjualan bersih terbesar asing adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) Rp 457, 27 miliar, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Rp 175, 73 miliar, serta PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Rp 139, 39 miliar.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, penurunan IHSG pada hari ini lantaran ada kekhawatiran pasar atas pelonggaran pembatasan sosial di beberapa negara dapat mengakibatkan gelombang kedua Covid-19. “Ini menjadi sentimen negatif untuk pasar saham, ” ujarnya, Selasa (12/5).

Sementara untuk sektor keuangan yang mengalami penurunan terdalam, Hans menilai, salah satu sebabnya datang dari Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) yang memaparkan bahwa status stabilitas sistem keuangan pada kuartal pertama tahun ini menjadi waspada.

Selanjutnya, publikasi soal ikhtisar hasil pemeriksaan semester oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang memberikan catatan pengawasan Otoritas Jasa Keuangan kepada tujuh bank secara individual tidak sepenuhnya sesuai ketentuan juga jadi sentimen negatif.

Baca Juga: IHSG besok diprediksi lanjutkan pelemahan, investor bisa mencermati saham-saham ini

“Ini membuat investor jadi takut dengan sistem keuangan kita, dalam periode saat ini seharusnya lebih berhati-hati, ” tambahnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.