Berangkat hari ini, Malaysia izinkan teristimewa salat berjemaah di masjid tapi…

0
398

Sumber: Reuters | Editor: S. S. Kurniawan

KONTAN. CO. ID –┬áKUALA LENDUT. Malaysia yang mayoritas penduduknya Muslim akan melonggarkan pembatasan salat berjemaah di masjid berangkat hari ini, Jumat (15/5), menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Keputusan tersebut menyusul introduksi kembali banyak bisnis di Malaysia pekan lalu. Negeri Jiran mematok Kamis (14/5) melaporkan kasus virus corona baru sebanyak 6. 819 dan 112 kematian.

Menteri Agama Malaysia Zulkifli Mohamad Al-Bakri mengatakan, Ibu Kota Ambang Lumpur akan mengizinkan salat berjemaah di masjid dengan pembatasan maksimal 30 orang.

Baca Juga: Kasus corona melonjak, Malaysia mampu perketat kembali Perintah Kontrol

“Meskipun ibadah pada Islam tidak hanya terbatas pada masjid dan musala, itu memiliki efek mendalam pada perkembangan spiritual umat Islam, ” katanya kepada wartawan, Kamis (14/5), seperti dikutip Reuters .

Hanya, pelonggaran itu mengecualikan 12 negara bagian, yang memiliki undang-undang sendiri tentang agama. Akan tetapi, Zulkifli bilang, mereka bebas buat mengambil langkah serupa jika mereka menginginkannya.

Pemerintah Malaysia melarang salat berjemaah di langgar sejak sekitar pertengahan Maret, sesudah lebih dari 2. 300 karakter terinfeksi wabah virus corona.

Bisa kembali memperketat Perintah Pengendalian Gerakan