Hindari PHK massal Lion Air Group pilih potong gaji dan menunda bayar THR

0
368

Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN. CO. ID – Lion Air Group sedang menghadapi masalah keuangan berat karena larangan penerbangan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Gede (PSBB) dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Karenanya perusahaan itu memberlakukan penundaan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) kepada seluruh karyawannya yang berjumlah sekitar 29. 000 orang, hingga kondisi keuangan sembuh. Bagi karyawan level bawah, kongsi ini melakukan pembayaran sebagian THR atau mengangsur hingga kondisi keuangan membaik.

Baca Juga: Mayday! Mayday! Lion Air mengaku keuangan bermasalah hingga tunda pembayaran THR

“Lion Tirta Group tengah berada di masa sulit dan menantang, atas suasana yang tercipta akibat Covid-19 mengikuti memberikan dampak luar biasa, tercatat situasi yang penuh ketidakpastian, ” ungkap Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, Rabu (20/5) dalam pernyataan terekam yang diterima KONTAN.

Grup Lion Air terdiri dari maskapai penerbangan Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) dan anggota hubungan lainnya. Danang menyampaikan penjelasan terpaut beredarnya informasi terkait penanganan manajemen atas karyawan selama masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Menangkap Juga: Honda banting setir jualan secara online membimbing dua e-commerce menghadapi PSBB

Menurut Danang, tarikh ini, pandemi Covid-19 menjadikan pabrik penerbangan mati suri atau tidak beroperasi normal secara domestik serta internasional. Sementara, biaya-biaya yang kudu ditanggung tanpa beroperasi masih lulus besar, sehingga menimbulkan kesulitan yang sangat berat.

Baca Juga: Lion Air biji gaji hingga tunda THR

Kondisi ini selalu dialami oleh Lion Air Group. Keadaan yang terjadi mendorong manajemen perusahaan-perusahan penerbangan mengambil langkah-langkah dengan dianggap dapat mempertahankan kelangsungan tumbuh perusahaan, termasuk tindakan atau kebijakan yang tidak disukai atau dengan tidak populis, ” katanya.

SELANJUTNYA> > >

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.