Tampilan Ma’ruf Amin penuh coretan era webinar di Malang, jubir wapres minta diusut

0
251

Sumber: Kompas. com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Dalam sebuah acara webinar yang dihelat oleh Universitas Agama islam Negeri (UIN) Maliki, Malang, Jawa Timur, Kamis (4/6/2020), Wakil Pemimpin Ma’ruf Amin diundang menjadi pensyarah. Webinar tersebut diikuti banyak peserta melalui aplikasi Zoom, termasuk Petunjuk. com.

Selain tersebut, acara tersebut juga disiarkan tepat melalui akun YouTube UIN Udi, uinmlg. Meskipun Ma’ruf tidak sanggup hadir dikarenakan mengikuti rapat terbatas (ratas) dengan Presiden, tetapi ia menyampaikan sambutannya melalui video dengan telah direkam sebelumnya.

Sayangnya, saat rekaman video Ma’ruf tersebut ditayangkan pihak panitia, ada gangguan muncul berupa coret-coretan tak beraturan berwarna merah dan menak secara bergantian. Padahal awalnya urusan berjalan lancar termasuk ketika berangkat menyanyikan lagu Indonesia Raya, prakata Rektor UIN, hingga sambutan Staf Khusus Wapres.

Baca Juga: Wapres beberkan syarat yang kudu dipenuhi untuk terapkan new normal

Namun era video Ma’ruf tersebut ditayangkan, ada coretan berwarna merah yang terbaca seperti tulisan ‘gak ada’ di tengah-tengah penayangannya. Setelah itu, tayangan video Ma’ruf pun sempat buyar meskipun suaranya masih terdengar. Adang-adang Zoom yang ditayangkan pun berganti dengan layar WhatsApp Web yang juga dicoret-coret.

Kekacauan tersebut berhenti setelah tayangan video Ma’ruf berdurasi sekitar 17 menit itu berakhir.

Pembahasan bertema ‘Ekonomi Syariah di Nusantara: Kebijakan Strategis Pemerintah Menuju New Normal Life’ tersebut dihadiri para-para petinggi UIN Malang, salah satunya Rektor UIN Malang Abdul Haris. Termasuk dihadiri pula oleh Pekerja Khusus Wapres Masykuri Abdillah dengan mewakili Ma’ruf serta peserta lainnya secara terbuka.

Baca Juga: Wapres sebut pengembangan ekonomi syariah di Indonesia berpotensi ditingkatkan

Ma’ruf sendiri menyerahkan sambutan tentang potensi ekonomi syariah di era new normal di dalam video tersebut. Akibat kejadian tersebut, para peserta webinar pun menunjukkan keterkejutannya. Mereka beramai-ramai mempertanyakan barang apa yang terjadi melalui kolom chat di aplikasi Zoom tersebut.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi meminta pihak UIN Geruh mencaritahu penyebab kejadian tersebut. “Pertama, saya meminta pihak penyelenggara (UIN Malang) untuk mencari tahu kenapa hal tersebut sampai terjadi, ” kata Masduki kepada wartawan, Kamis (4/6/2020).

Baca Juga: Terima Lebaran Wapres Ma’ruf Amin menimbulkan masyarakat tetap optimistis hadapi Covid-19

“Tentu aku menyesalkan atas terjadinya gangguan itu, apalagi jika kejadian tersebut disengaja oleh pihak-pihak tertentu, ” sendat dia. Ia pun berharap pihak UIN Malang bisa berkoordinasi secara pihak keamanan cyber untuk mengusut tuntas hal tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas. com dengan judul “Tampilan Ma’ruf Amin dalam Webinar UIN Malang Dipenuhi Coretan, Jubir Wapres Minta Itu Diusut”
Penulis: Deti Mega Purnamasari
Editor: Diamanty Meiliana