five cara mengontrol asam urat agar tidak lagi menyerang

0
262

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Kadar asam urat tinggi dalam darah bisa mengakibatkan rasa tidak nyaman bagi penderita. Melansir laman resmi Kementerian Kesehatan, penyakit ini bisa menyebabkan sendi membengkak, nyeri tak tertahankan, kadang-kadang disertai rasa panas.

Gejala asam urat tinggi kerap muncul di persendian jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Untuk memastikan tingginya kadar asam urat seseorang, dibutuhkan pemeriksaan darah.

Cara menyembuhkan asam urat secara total biasanya dilakukan dengan meringankan gejala penyakit dan menjaga kadar asam urat agar tidak melonjak.

Baca Juga: Berikut makanan yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Untuk meringankan rasa sakit saat asam urat tinggi, Anda bisa menempelkan kantong es pada sendi yang terasa nyeri. Dokter biasanya juga meresepkan obat asam urat berupa pereda rasa sakit dan obat untuk menurunkan kadar asam urat.

Selain itu, cara tuk menyembuhkan asam urat agat tak kambuh lagi bisa dengan memodifikasi gaya hidup.

Melansir buku Solusi Sehat Mengatasi Asam Urat & Reumatik (2009) oleh Redaksi AgroMedia, berikut cara mengontrol kadar asam urat:

Membatasi konsumsi protein

Dalam kondisi normal, konsumsi zat purin yang melimpah terdapat dalam protein boleh mencapai 600-1. 000 miligram per hari. Namun, untuk penderita asam urat konsumsinya dibatasi hanya 120-150 miligram per hari.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie