Sejumlah komoditas ini turun harga, BI proyeksikan inflasi Juni 2020 sebesar 0, 02%,

0
52

Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Inflasi pada bulan Juni 2020 diperkirakan akan lebih rendah dari bulan sebelumnya. Berdasarkan survei pemantauan harga Bank Indonesia (BI) di dalam minggu kedua bulan ini, inflasi diperkirakan akan sebesar 0, 02% mom.

“Sehingga secara tahun kalender sebesar 0, 93% ytd dan secara tahunan sebesar 1, 79% yoy, ” perkataan Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangan formal yang diterima Kontan. co. id, Jumat (12/6).

Penyumbang inflasi pada periode Juni 2020 antara lain berasal dari barang daging ayam ras yang merasai peningkatan harga 0, 11% mom, telur ayam ras 0, 03% mom, bawang merah sebesar 0, 02% mom, serta tomat & kentang yang masing-masing naik 0, 01% mom.

Baca Juga: Modal Inflasi Rendah

Sementara itu, ada kurang komoditas utama yang mengalami kemerosotan harga sehingga menghambat laju inflasi, yaitu bawang putih, cabai merah, dan tarif angkutan udara yang masing-masing turun 0, 03% mom. Selain itu, ada juga barang cabai rawit, jeruk, dan aurum perhiasan yang turun harga 0, 02% mom dan gula pasir yang terkoreksi 0, 01% mom.

Onny menambahkan, BI akan terus memperkuat koordinasi secara pemerintah dan otoritas terkait di dalam memonitor dinamika perekonomian Indonesia lantaran waktu ke waktu.

Selain itu, bank sentral pula akan terus memasang pertahanan dengan koordinasi kebijakan lanjutan untuk menggembala stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia agar tetap baik dan bergaya tahan.

Baca Juga: Genting, Bank Dunia khawatirkan dampak pelonggaran kebijakan moneter

SOKONGAN, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah watak kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja dalam KONTAN Store.