Jadi sorotan dunia, prajurit TNI gagalkan perang usai hadang tank Israel!

0
242

Sumber: Kompas. com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN. CO. ID awut-awutan JAKARTA. Saat ini, aksi prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda XXIII-N/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) tengah menjadi pancaran dunia. Pasalnya, prajurit TNI dengan bertugas menjaga perdamaian di pinggiran antara Israel dan Lebanon, lulus menggagalkan peperangan antara kedua negara tersebut.

Peristiwa itu bermula saat prajurit TNI tengah melakukan penjagaan di Blue Line ataupun garis biru, perbatasan Adisa, selatan Lebanon, Selasa (2/6/2020). Prajurit TNI yang berkekuatan 1 kompi serta APC Anoa mendapati sebuah tank Merkava milik militer Israel menerobos perbatasan. Saat melewati perbatasan, tank Merkava tersebut tengah bersiap mengimplementasikan konfrontasi dengan tentara Lebanon yang siap tempur menggunakan RPG.

Komandan Pusat Misi Pelestarian Perdamaian (PMPP) TNI, Jenderal TNI Victor Hasudungan Simatupang menuturkan, upaya konfrontasi kedua negara berhasil diantisipasi setelah prajurit TNI menerima fakta adanya pergerakan militer dari polisi.

Membaca Juga: Dewan Penilik Nuklir PBB tingkatkan tekanan ke Iran terkait situs yang dicurigai

“Itu semuanya berdasar informasi yang kita dapatkan, dari intelijen kalau ada pergerakan antara Israel dengan Lebanon, ” ujar Victor kepada Kompas. com, Jumat (19/6/2020) sore.

Dalam video yang diterima Kompas. com, prajurit TNI nampak persuasif menghentikan laju tank Merkava dengan digunakan sejumlah personel militer Israel. Hanya berjarak beberapa meter dengan tank Merkava, para prajurit TNI terlihat tak gentar kendati mulut tank tersebut telah diarahkan ke rombongan prajurit TNI. Tak periode berselang, perlahan tank tersebut pun berbalik arah dan meninggalkan Blue Line .

Baca Serupa: Amerika jatuhkan hukuman ke Presiden Suriah dan istrinya, tujuannya?

Dia mengatakan, setelah berhasil mematahkan rencana konfrontasi kedua negara, prajurit mendapat sambutan positif dari warga setempat. Mengingat, intensitas ketegangan antara Israel dan Lebanon di Blue Line sering terjadi.

INFAK, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai dana yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Info tentang Data HK