Penuh dibutuhkan, inilah 7 jurusan pelajaran yang sering diincar HRD

0
267

KONTAN. CO. ID awut-awutan JAKARTA. Jangan sembarangan menuruti jurusan kuliah! Kenapa demikian? Karena tidak semua jurusan memiliki ketersediaan lapangan pekerjaan yang luas. Salah memilih jurusan, lapangan pekerjaan yang menanti Anda cukup sulit didapat.

Beberapa jurusan kuliah memang didesain untuk bekerja serta dibutuhkan di banyak perusahaan, namun ada yang sebaliknya. Jika arah Anda adalah bekerja setelah lucut kuliah, sebaiknya Anda memilih mulia diantara 7 jurusan kuliah berikut.

  • Ilmu asas

Sebagai negeri hukum, Indonesia tentunya memiliki peraturan yang perlu dipatuhi oleh asosiasi termasuk pelaku usaha. Semua perusahaan baik yang berskala besar maupun kecil memiliki hak dan kegiatan hukum yang harus dipahami.

Dengan adanya lulusan menimba hukum di dalam badan kongsi, diharapkan perusahaan tersebut lebih aware dengan masalah perundang-undangan. Lulusan menuntut hukum akan memberikan arahan terkait dengan peraturan perundangan yang membalut dari masalah perusahaan hingga pekerja.

Nyawa dari sebuah perusahaan terletak di divisi sales and marketing. Di divisi inilah perusahaan mencari dan mendapatkan kekayaan. Dengan ilmu yang sudah dikasih di bangku kulian, lulusan marketing diharapkan dapat meningkatkan jumlah pendapatan perusahaan.

Jika marketing adalah divisi “penghasil uang”, bagian keuangan dengan lulusan akuntansi di dalamnya adalah jajaran yang mengatur uang tersebut. Para lulusan akuntansi dibutuhkan untuk me-manage keuangan kongsi, mulai dari uang masuk, pengeluaran kantor, gaji karyawan, dll.

  • Sastra Inggris

Potensi wisata Nusantara sangat tinggi, dimana banyak wilayah yang dijadikan tujuan wisata para pelancong baik dalam maupun asing negeri. Lulusan sastra Inggris akan sangat dibutuhkan di perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata. Guide, customer service, staff pemasaran hingga receptionist hotel sangat cocok buat lulusan sastra Inggris.

Selain bidang pariwisata, Anda yang memilih jurusan kuliah ini mampu berkecimpung di dunia pendidikan norma. Banyak lulusan sastra Inggris dengan mengabdi menjadi guru di lembaga bahasa maupun dosen dan pengasuh sekolah. Sektor ekspor-impor juga kerap membuka lowongan untuk lulusan tulisan Inggris.

Untuk mengayomi puluhan hingga ribuan karyawan, kongsi membutuhkan staff HRD yang biasa lulusan psikologi. Ilmu yang didapatkan mengenai perilaku manusia, para lulusan psikologi sangat dibutuhkan untuk merangkul banyak karyawan serta menjadi jembatan antara perusahaan dan karyawan.

  • Teknik Informatika

Lulusan teknik informatika selalu dan akan selalu dicari oleh perusahaan. Dengan perkembangan teknologi yang pesat, staff TI dibutuhkan untuk me-handle segala aspek teknologi sebuah perusahaan. Merekalah yang mendirikan website perusahaan, membuat program-program penunjang kinerja perusahaan, hingga mengembangkan dan membuat aplikasi yang sesuai.

  • Desain komunikasi visual/DKV

Di masa industri kreatif, perusahaan dituntut buat terus melakukan inovasi baik dari segi pelayanan, produk, hingga pemasaran. Untuk menarik para pengunjung, bentuk produk maupun website menjadi pokok utama.

Teman-teman dari jurusan kuliah DKV bertanggung tanggungan dalam sisi estetika perusahaan. Mendirikan desain-desain yang indah dan eye-catching menjadi tugas yang akan selalu dihadapi oleh lulusan DKV dalam sebuah perusahaan.

Editor: Tiyas Septiana