Pembalasan amortisasi EBA Mandiri GIAA ditunda

0
64

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mengumumkan penundaan pembayaran amortisasi buah beragun aset (EBA) Mandiri GIAA01. Penundaan ini terjadi karena belum efektifnya dana amortisasi kedua EBA Mandiri GIAA01 – Surat Berharga Hak Atas Pendapatan Penjualan Kartu Kelas A sesuai waktu dengan telah ditentukan.

“Pembayaran amortisasi kepada pemegang EBA melalaikan pemegang rekening yang seharusnya dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2020 ditunda, ” ungkap KSEI di dalam pengumuman, Jumat (24/7). KSEI hendak menyampaikan jika terdapat informasi lebih lanjut berkenaan dengan pembayaran amortisasi tersebut.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia per Jumat (24/7), nilai yang beredar buat Efek Beragun Aset Mandiri GIAA01 – Surat Berharga Hak Berasaskan Penjualan Tiket Kelas A adalah Rp 1, 44 triliun.

Jumat (24/7), Pemeringkat Hasil Indonesia (Pefindo) menurunkan peringkat MENCERCA EBA Mandiri GIAA01 ini ke idCCC dengan outlook credit watch dengan implikasi negatif. Pada awal penerbitan, KIK EBA Mandiri GIAA01 Posisi A mendapat rating idAA+ dari Pefindo.

Baca Juga: Terdampak Covid-19, Garuda Indonesia (GIAA) pacu bisnis kargo dan carter udara

EBA Sendiri GIAA01adalah produk kontrak investasi kolektif yang diluncurkan oleh PT Mandiri Manajemen Investasi bersama dengan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Total KIK EBA yang diterbitkan pada Juli 2018 mencapai Rp 2 triliun dan dibagi menjadi besar kelas yaitu kelas A & B.

Produk EBA Kelas A ini menawarkan balasan hasil 9, 75% per tarikh dengan tenor 5 tahun dan akan jatuh tempo 27 Juli 2023 dengan nilai mencapai Rp 1, 8 triliun. Sedangkan untuk kelas B penawarannya terbatas dengan nilai Rp 200 miliar buat tenor sejenis dan tingkat imbal hasil yang tidak tetap.

KIK EBA Mandiri GIAA01 merupakan instrumen sekuritisasi dengan underlying asset alias aset dasar hak penerimaan atas penjualan tiket pesawat. Sah pendapatan yang dimaksudkan disini ialah hasil dari penjualan tiket motor Garuda dengan rute Jeddah serta Madinah.

Baca Juga: Tekan pengeluaran, Garuda Indonesia (GIAA) ejekan negosiasi ke lessor

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.