Sri Mulyani: Refocusing belanja Covid-19 jadi alasan rendahnya serapan anggaran K/L

0
236

Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya sempat menyoroti rendahnya serapan anggaran dari Kementerian/Lembaga (K/L). Untuk itu ia mendorong biar K/L bisa secepatnya mempercepat peresapan.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, rendahnya penyerapan perkiraan K/L ini akibat dari adanya refocusing dan realokasi belanja untuk pengerjaan Covid-19.

Baca Juga: Siap penentu target untuk 2021, Menkeu berharap ekonomi kuartal III-2020 terbit

“Kita melakoni kalau menjalankan kegiatan Pemerintahan sungguh selalu harus ada landasan dasar, harus ada landasan Standar Operasional (SOP) karena ini uang rakyat, uang negara yang harus diatur berdasarkan Undang-Undang (UU), Perpres, Susunan Menteri, dan Perdirjen memang rumit, ” ujar Sri di dalam keterangan tertulis, Senin (27/7).

Untuk itu, para pengelola kepentingan diharapkan tidak tenggelam di dalam kerumitan masa krisis. “Ini dengan coba dipangkas dan dilakukan dalam mengatasi persoalan kerumitan dari proses dan prosedur, ” paparnya.

Sri juga menyampaikan adanya kekhawatiran dari para Menteri, Eselon I, dan Eselon II indah di pusat maupun di daerah atas pelaksanaan anggaran di tengah pandemi Covid-19. Terlebih, karena adanya audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Terkait dengan hal tersebut, kata Sri, Pemimpin telah menyiapkan beberapa solusinya. Patuh dia, Presiden telah mengundang seluruh aparat penegak hukum, kejaksaan, kepolisian, KPK, BPKP dan LKPP, beserta BPK untuk menyampaikan pandangannya. “Tujuannya agar seluruh birokrat K/L sentral dan daerah tidak merasa khawatir yang berlebihan, ” kata Sri.

Baca Juga: Kemenkeu ungkap tantangan paling berat dalam menyaluran bansos

Dalam sisi lain, Sri juga membaca beberapa mekanisme yang dapat diambil oleh K/L agar dapat segera melaksanakan belanja.

Lupa satunya adalah, apabila K/L mempunyai program yang tidak bisa dilaksanakan, maka anggaran yang ada mampu digunakan untuk mengeksekusi program prioritas yang dapat menggerakkan ekonomi, jadi bisa membantu masyarakat dan dunia usaha.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Kamu akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di KONTAN Store.