Daun sirih, obat herbal yang ampuh mengobati sakit gigi, begini cara kerjanya

0
220

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Daun sirih, obat herbal yang ampuh mengobati sakit gigi. Cara ini jadi opsi untuk Kamu yang tidak ingin mengonsumsi obat dokter untuk meredakan sakit gigi.

Pernahkan Anda rendah gigi?

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami melempem gigi. Meski tidak menular dan tidak mengancam nyawa, sakit geraham membuat penderitanya merasa tidak damai.

Menyuarakan Juga: Daun serasa ampuh mengobati diare, begini cara mengolahnya

Seseorang menderita sakit gigi tidak hanya karena gigi berlubang. Mengutip dari Kompas. com, sakit gigi bisa dikarenakan karena gigi sensitif, kebiasaan menggertakan gigi, tumbuh gigi bungsi, karies gigi, tambalan gigi lepas, aib gusi, dan gigi rusak.

Umumnya, para penderita hendak mengonsumsi obat dari dokter buat meredakan rasa nyeri saat melempem gigi.

Alih-alih menggunakan obat dari dokter, penderita sakit gigi bisa mengonsumsi obat herbal. Ada sejumlah obat herbal dengan dipercaya ampuh meredakan sakit geraham, salah satunya daun sirih.

Daun sirih untuk mengobati sakit gigi karena geraham berlubang

Umumnya daun sirih dikenal sebagai tanaman herbal yang berkhasiat untuk merawat area kewanitaan. Daun sirih pula kerap digunakan untuk menghentikan mimisan.

Rupanya manfaat daun sirih tidak hanya itu selalu, daun sirih juga bermanfaat sebagai obat herbal yang ampuh meredakan sakit gigi karena gigi berlubang.

Penderita sakit gigi tidak boleh asal menggunakan daun sirih untuk mengobati penyakitnya. Pokok ada cara khusus untuk menyusun daun sirih efektif mengobati lara gigi.

Berikut benih dan cara membuat ramuan daun sirih yang efektif mengobati sakit gigi karena gigi berlubang dengan dikutip dari Buku Toga, Institusi Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian.

Bahan:

  • Daun sirih besar lembar
  • Garam setengah sendok
  • Air ikrab satu gelas

Anda cuci daun sirih dalam bawah air mengalir sampai terang. Kemudian, Anda remas daun sirih dan seduh dengan air rapat dan masukkan garam.

Anda aduk hingga garam larut dan diamkan sampai air daun sirih dingin. Lalu, Anda gunakan air daun sirih tersebut buat kumur-kumur.

Saat rendah gigi mulai reda, Anda sepatutnya mengunjungi dokter gigi untuk memperoleh perawatan gigi berlubang. Tujuannya, agar Anda tidak lagi diserang melempem gigi.

Editor: Tri Sulistiowati