Genjot inovasi IKM pangan, Kemenperin luncurkan program IFI

0
76

Reporter: Agung Hidayat | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Kementerian Perindustrian menginisiasi program pengembangan industri mungil menengah (IKM) sektor pangan biar bisa lebih berdaya saing global. Upaya strategis tersebut diwujudkan menggunakan peluncuran Indonesia Food Innovation (IFI).

“Kami terus memburu-buru IKM pangan di Indonesia biar punya inovasi, baik itu dibanding produknya maupun proses produksinya. Selain itu, kami mendorong mereka mendahulukan bahan baku utamanya dari sumber daya lokal, ” kata Penasihat Jenderal Industri Kecil, Menengah & Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih pada peluncuran IFI 2020 pada keterangan resmi yang diterima Kontan. co. id, Selasa (25/8).

Dirjen IKMA menjelaskan, agenda IFI dapat menumbuhkan inovasi serta pengembangan (scaling-up) bisnis khususnya di sektor IKM pangan. “Jadi, saya berharap mereka menjadi sektor usaha yang marketable, profitable , dan sustainable , ” kata dia.

Baca Serupa: Wamendag dorong pengembangan potensi ekspor pangan

Gati menambahkan, peluang usaha IKM pangan di tanah air masih terbuka lebar seiring banyaknya sumber daya manusia produktif yang berusia muda menjalankan wirausaha di sektor tersebut. Selain itu, tiba bermunculannya inkubator-inkubator bisnis yang me para startup khususnya di sektor sasaran dan minuman.

“Kami optimistis, sektor IKM pangan dapat ikut andil dalam melakukan lompatan kemajuan bagi ekonomi nasional. Sebab, IKM makanan dan minuman semasa ini memainkan peran penting jadi komponen pemberdayaan masyarakat di Nusantara, ” ungkapnya.

Kemenperin mencatat, jumlah IKM makanan serta minuman di dalam negeri sebesar 1, 86 juta unit cara atau 43, 41% dari mutlak unit usaha IKM secara menyeluruh. Bahkan, IKM makanan dan minuman telah menyerap tenaga kerja hingga 4, 11 juta orang.

“Melalui IFI, kami mau sektor IKM pangan menyiapkan muncul dan mampu beradaptasi, berinovasi, mengikuti bisa membaca tren dan keinginan pasar dalam negeri maupun kancah global, ” imbuhnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda bakal menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih pada perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.