Selain ganja, inilah daftar tanaman obat rekomendasi Kemtan

0
67

Reporter: Abdul Basith Bardan, Markus Sumartomdjon | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Setelah sempat penuh di media sosial soal masuknya tanaman ganja sebagai salah satu komoditas tanaman binaan obat, Departemen Pertanian (Kemtan) mencabut kembali Kesimpulan Menteri yang mencantumkan ganja jadi komoditas tanaman obat binaan.

Cannabis sativa, nama latin Ganja, memang sempat masuk pada dafrar tanaman binaan Kemtan di Keputusan Menteri Pertanian nomor 104 tahun 2020. Ganja dimasukkan di komoditas tanaman obat di bawah Direktorat Jenderal Hortikultura.

Status ganja nantinya mau dievaluasi. Untuk itu, Kemtan hendak berkoordinasi dengan pihak yang punya kewenangan terkait status dari ganja, seperti Kementerian Kesehatan, Badan Narkotika Nasion, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Baca Juga: Kementan cabut Kepmen penetapan ganja jadi tanaman obat binaan, ada apa?

“Kepmentan 104/2020 tersebut sementara akan dicabut untuk dikaji kembali dan cepat dilakukan revisi berkoordinasi dengan stakeholder terpaut, ” ujar Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Tommy Nugraha di dalam siaran pers, Sabtu (29/8).

Sejak 2006 sudah dilakuakan pembinaan untuk mengalihkan tanaman ganja menjadi tanaman produktif lainnya. Sebab karena itu saat ini tak ada petani ganja legal dalam Indonesia.

Baca Juga: Formal! Kementan tetapkan ganja sebagai tumbuhan obat binaan

Pengaturan ganja sebagai tanaman obat hanya ditujukan untuk keperluan terbatas. Antara lain adalah untuk relevansi keilmuan.

Sejatinya, di dalam daftar tanaman obat, jumlahnya tergolong banyak. Sebelum ganja dihapus, mutlak jumlah tanaman obat mencapai 66 item. Jumlah yang amat banyak sebetulnya. Untuk lebih lengkapnya, beserta sejumlah tanaman obat yang menjelma binaan Kementerian Pertanian. ’

Daftar Komoditas Flora Obat:

Akar kucing, Artemisia, Bakung, Bangle, Bawang sabrang, Beluntas, Bidara laut, Brotowali, Buah merah, Cincau, Dlingo, Ganja, Jahe, Jamur Ling Zhi, Jati Belanda, Jawee Klotok, Jeruk Klingkit, Jeruk nipis, Johar,

Jojoba, Kapulaga, Kecubung, Kemangi, Kemrunggi, Kencur, Kepet, Kunyit, Kuwalot, Lavender, Lempuyang wangi, Lengkuas, Lidah buaya, Mahkota Dewa, Mangkokan, Mangkudu, Nenas Kerang, Paliasa, Pasmau,

Patang tulang, Pegagan, Pulepandak, Purwoceng, Salam, Sambiloto, Sanrego, Selasih, Sembung, Senggugu, Sereh, Sirih, Tapkliman, Tempuyung, Temu giring, Temu ireng, Temu kunci, Temu wiyang, Temulawak, Temumangga, Temuputih, Tribulus (tribulus terrestris) , Tribulus (tribulus cistoides) , Daun ungu, Wjaya kusuma, Zodia, Kratom

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menghiraukan Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.