Pengetatan PSBB, level stabil rupiah turun ke Rp 15. 000 bagi dolar AS

0
35

Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Wahyu T. Rahmawati

LANGSUNG. CO. ID –┬áJAKARTA. Dikejutkan oleh keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memperketat PSBB pekan depan (14/9), rupiah pada perdagangan Kamis (10/9) menyurut. Mengutip Bloomberg, pada perdagangan Kamis (10/9) nilai tukar rupiah tercatat melemah 0, 38% ke golongan Rp 14. 855 per dolar Amerika Serikat (AS).

Research & Development ICDX Nikolas Prasetia mengatakan, kabar mengejutkan dari Gubernur DKI Jakarta untuk memikat rem darurat dan akan menerapkan teristimewa PSBB sontak memberikan kejutan dalam pasar finansial di Indonesia Kamis (10/9). Hal tersebut terjadi karena selama ini Jakarta dianggap jadi poros.

Niko menjelaskan, melihat dalam sepekan terakhir nilai tukar rupiah sudah melemah 0, 4% dan sudah hampir 2% sejak awal bulan. Sentimen buruknya ini datang dari pertambahan kasus positif corona yang semakin tinggi dan didorong kekhawatiran bangsa untuk melepas rupiah.

Pelaku pasar juga terus mempersoalkan kapan kenaikan kasus Covid-19 bakal mulai berdampak ke ekonomi Indonesia. Ditambah lagi, ekspektasi IPR (retail sales) oleh Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan kontraksi 10, 1% di Agustus 2020.

Baca Juga: PSBB diperketat, rupiah bisa menuju Rp 15. 300 per dolar AS tahun ini

“Dengan penerapan PSBB teristimewa, kelihatan masih bisa berdampak ke rupiah, meskipun penerapannya hanya dalam Jakarta, tapi kota-kota sekitar selalu bisa terdampak dari penerapan PSBB lagi, ” jelasnya.

Niko mengaku, pengetatan PSBB kali ini barangkali sentimen buruk bagi rupiah. Di sisi lain, bakal lebih buruk jika pengetatan PSBB tidak diterapkan. “Ini ibarat duri dalam daging karena bisa memperparah kontraksi ekonomi di Indonesia, ” ujar Niko.

Makin Niko mengungkapkan penerapan PSBB sedang akan mudah menggiring rupiah tembus ke zona Rp 15. 000 per dolar AS dalam beberapa hari ke depan. Proyeksi tersebut tercermin dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Kamis (10/9) yang ditutup merosot 5, 01%.

Baca Juga: Loyo, rupiah ditutup melemah 0, 38% ke Rp 14. 855 per dolar GANDAR pada Kamis (10/9)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami buat menyajikan artikel-artikel yang berkualitas & bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.