PGN Saka apresiasi keberhasilan survei seismik 2D laut Elnusa (ELSA) pada Saumlaki

0
27

Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN. CO. ID berantakan JAKARTA. PT Elnusa Tbk (ELSA) selaku anak cara PT Pertamina (Persero) kembali mencantumkan rekor penyelesaian jasa survei seismik 2D laut untuk PT Saka Energi Indonesia atau PGN Saka di Perairan Saumlaki, pada Sabtu (5/9) lalu.

Pengoperasian survei ini kembali menggunakan pesawat Elsa Regent untuk pekerjaan pada Yamdena Barat. Sebelumnya, ELSA mutakhir saja menyelesaikan proyek KKP Jambi Merang yang merupakan upaya penemuan giant discovery migas Indonesia di dalam awal agustus kemarin.

Senior Manager Eksplorasi PT Saka Energi Indonesia (PGN Saka) Hotma Yusuf menyampaikan, PGN Usang sangat mengapresiasi ELSA atas pengerjaan proyek akuisisi seismik 2D marine di Blok West Yamdena.

Susmono Soetrisno yang menggantikan Direksi PGN Saka secara istimewa juga menyampaikan terimakasih atas kegiatan sama yang terjalin antara PGN Saka dan ELSA. Berbekal temperamen profesionalisme, tim ELSA mampu melakukan dan menyelesaikan pekerjaan sesuai bahan serta berkolaborasi dengan baik beserta tim dari PGN Saka.

“Penyelesaian proyek ini adalah bentuk sinergi yang sangat jalan antar anak perusahaan BUMN. Ke depannya, kami optimistis akan tersedia lebih banyak proyek lain dengan dapat dikerjakan PGN Saka beserta Elnusa dan grup BUMN yang lain, ” ujar Susmono dalam siaran pers yang diterima Kontan, Minggu (13/9).

Baca Juga: Elnusa (ELSA) rampungkan pembuatan hydraulic workover unit terbaru

Kegiatan survei seismik ini adalah milestone yang besar untuk besar anak perusahaan BUMN. Keberhasilan hasil ini tercatat berkat ELSA dengan mampu melaksanakan kinerja dengan elok. Hal ini dibuktikan dengan pengerjaan proyek yang lebih cepat mulia hari dari target yang ditetapkan. Percepatan waktu penyelesaian dapat dilakukan karena survei seismik ini dilakukan dengan rekor zero down time baik dari sisi teknikal maupun eksternal.

Kinerja baik lainnya yang telah dilakukan ELSA dalam proyek ini adalah jadi menyelesaian pekerjaan dengan pencapaian target mencapai 100, 21%. Pada masa penyelesaian proyek, total panjang lintasan adalah 1368, 95 kilometer (km) dari target awal sepanjang 1366 km. “Seluruhnya dilakukan dengan kosong accident atau tanpa ada penderitaan kerja, ” imbuh Hotma.

Asal tahu saja, keunggulan kapal Elsa Regent ini dipadankan dengan kapal seismik berbendera Indonesia lain adalah dilengkapi 12 streamer dengan panjang setiap streamer mencapai 10 km sehingga sangat konseptual untuk melakukan pekerjaan survei seismik di area lautan luas & dalam.

Selain tersebut juga mampu menghasilkan gambar 3D seismik bawah permukaan dengan status dan keakuratan yang sangat mulia, mampu melakukan perekaman data zaman berbelok sehingga efisien waktu serta biaya, perekaman data dapat dilakukan terus-menerus, dan dapat menghasilkan data baku yang langsung dapat diproses lebih lanjut.

Semenjak pelayaran perdana pada akhir 2016, Elsa Regent telah melakukan penuh survei seismik marine di bermacam-macam blok di Indonesia maupun asing negeri dengan klien yang bermula dari dalam dan juga luar negeri.

“Tuntasnya pekerjaan ini menambah bukti nyata bahwa ELSA unggul dan terpercaya di dalam jasa survei seismik. Baik di dalam maupun di luar jati, kami dapat memberikan kontribusi tentu, ” imbuh Wahyu Irfan selaku Head of Corporate Communications Elnusa.

Dalam survei seismik laut, ELSA tak hanya memiliki Elsa Regent, melainkan juga ocean bottom nodes (nodal) yang ialah teknologi survei seismik yang berharta menangkap jenis gelombang seismik daripada berbagai arah. Penambahan teknologi tersebut untuk melengkapi kapabilitas ELSA dalam jasa akuisisi data seismik baik di darat, zona transisi maupun laut, sesuai kebutuhan data dengan diperlukan.

Di leler yang sudah matang ini, ELSA semakin percaya diri untuk memberikan pemberian terbaik dalam mendukung kapasitas nasional dengan selalu memberikan layanan pertolongan energi melalui Total Solution Services.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk mempersembahkan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih arah perhatian Anda, tersedia voucer percuma senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.