IHSG terpukul, kinerja reksadana ikut tertumbuk dalam sepekan kemarin

0
48

Reporter: Hikma Dirgantara | Editor: Wahyu T. Rahmawati

LANGSUNG. CO. ID – JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih terpuruk setelah ditutup pada zona merah lagi pada simpulan penutupan pekan kemarin. IHSG terekam terkoreksi 0, 39% dalam sepekan terakhir.

Penurunan IHSG pada akhirnya turut menyeret kinerja dekat seluruh reksadana juga menjadi negatif. Merujuk dari laporan Infovesta Sempurna yang dikeluarkan hari ini, Senin (5/10), tercatat hanya reksadana pasar uang yang berhasil membukukan kenaikan kinerja sebesar 0, 07%.

Reksadana berbasis saham menjadi reksadana dengan kinerja paling buruk setelah reksadana saham dan reksadana campuran masing-masing kinerjanya mendarat 0, 37% dan 0, 29%.

Sedangkan reksadana perolehan tetap juga mengalami penurunan kemampuan setelah mencatatkan koreksi 0, 11%. Padahal kinerja obligasi pemerintah maupun obligasi korporasi mencatat kinerja yang cukup apik dengan tumbuh per 0, 16% dan 0, 13%

Menangkap Juga: IHSG diramal bisa capai level 5. 300 sampai tutup tahun, ini rekomendasi analis

Berikut masing-masing reksadana yang memiliki return sempurna secara year to date hingga 2 Oktober 2020. Reksadana saham secara return tertinggi dipegang oleh Pacifiq Equity Optimum Fund sebesar 13, 33%.

Lalu reksadana larutan yang tertinggi dipegang oleh SAM Mutiara Nusa Campuran dengan muncul sebesar 21, 60%.

Sementara untuk reksadana pendapatan tetap, return tertinggi dipegang oleh Mandiri Investasi Obligasi Nasional sebesar 11, 21%. Lalu untuk reksadana pasar kekayaan, PNM PUAS merupakan yang sempurna dengan return sebesar 24, 87%.

Berikutnya, reksadana indeks & ETF yang memiliki return tertinggi merupakan ABF IBI Fund sebesar tujuh, 21% Kemudian, return reksadana pendapatan lestari USD dipegang oleh MNC Biaya Dollar sebesar 6, 47%.

Baca Selalu: IHSG menguat 0, 65% pada Senin (5/10), ini saham-saham yang banyak dibeli asing

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Kamu akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.