Wall Street menguat, stimulus fiskal AS jadi penopang pekan ini

0
35

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T. Rahmawati

KONTAN. CO. ID berantakan JAKARTA. Wall Street bangkit menjelang akhir pekan ini. Jumat (9/10) pukul 21. 02 WIB, Dow Jones Industrial Average menguat 0, 24% ke 28. 493.

Indeks S& P 500 naik 0, 52% ke 3. 464. Sedangkan Nasdaq Composite menguat 0, 80% ke 11. 511.

Indeks S& P 500 berpotensi mencetak kenaikan dua pekan berturut-turut. Kelanjutan pembicaraan stimulus fiskal Amerika Konsorsium (AS) menjadi tenaga utama penguatan Wall Stree jelang akhir minggu ini.

Setelah sempat menyerukan penghentian negosiasi stimulus fiskal, Presiden AS Donald Trump kemarin mengatakan akan melanjutkan stimulus yang lebih kecil dari usulan Demokrat, termasuk pembayaran langsung ke awak AS dan bailout sektor penerbangan.

Baca Pula: IHSG naik 2, 58% dalam sepekan, asing sedang net sell Rp 8, 09 triliun

“Pasar saham terus berharap adanya kesimpulan atas stimulus, tidak hanya untuk penerbangan tetapi juga seluruh negeri, ” kata Peter Cardillo, chief market economist Spartan Capital Securities kepada Reuters .

Perdagangan saham pada Wall Street belakangan digerakkan oleh stimulus fiskal. Pasar saham jatuh pada Selasa pekan ini setelah Trump menyetop negosiasi dengan Demokrat.

Tapi, pasar bagian kembali menguat setelah itu. Investor mulai menghitung potensi kemenangan calon presiden Joe Biden pada pemilihan presiden 3 November mendatang.

“Sejumlah sektor yang diperkirakan akan membaik di bawah tadbir Biden mulai menguat, ” sebutan Dan Eye, head of asset allocation and equity Fort Pitt Capital Group.

Baca Juga: Penguatan rupiah bisa berlanjut pekan depan

Pekan aliran, fokus pasar akan mulai menghadap ke musim laporan keuangan kuartal ketiga. JPMorgan Chase & Co, Citigroup Inc dan Johnson and Johnson akan merilis kinerja di minggu depan.

Refinitiv memperkirakan laba emiten-emiten penghuni S& P 500 di kuartal ketiga akan turun sekitar 21%.

Dalam sepekan hingga malam itu, Dow Jones menguat 2, 83%. Indeks S& P 500 naik 3, 48% pada periode dengan sama. Sedangkan Nasdaq melejit 3, 88% dalam lima hari perniagaan.

Menyuarakan Juga: IHSG bangkit 2, 58% dalam sepekan ke 5. 053, 66 hingga Jumat (9/10)

DONASI, Mampu Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat awak untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, ada voucer gratis senilai donasi dengan bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.