Nilai emas spot tatap penguatan mingguan pertama berkat pelemahan dolar GANDAR

0
148

Sumber: Reuters | Editor: Anna Bersih Perwitasari

KONTAN. CO. ID –¬†TOKYO . Harga emas kian mantap di perdagangan hari ini dan pantas menatap untuk penguatan mingguan pertamanya dalam empat pekan terakhir. Sokongan bagi harga emas datang setelah dolar Amerika Serikat (AS) yang melemah setelah meningkatnya harapan terkait paket stimulus.

Jumat (4/12), harga emas sedikit berganti ke level US$ 1. 840, 75 per ons troi. Makna emas berjangka untuk kontrak pengiriman Februari 2021 pun menguat 0, 2% menjadi US$ 1. 844, 10 per ons troi.

Di pekan ini, harga emas sudah menguat kira-kira 3%. “Momentum kenaikan (dalam emas) yang kuat sebagian karena pelemahan dolar AS dan harga dengan teknis oversold , sehingga ini merupakan rebound teknikal, ” kata Margaret Yang, ahli desain di DailyFX.

Dia pun memperkirakan, harga emas sanggup menemukan dukungan kuat saat berada dalam kisaran US$ 1. 800-US$ 1. 750 per ons troi.

Baca Juga: Harga emas spot menguat ke US$ 1. 843, 99 per ons troi jelang tengah hari ini

Yang mengingatkan, potensi harga emas untuk kembali menyurut tetap terbuka lebar terlebih bila pemulihan ekonomi semakin cepat serta inflasi melampaui batas yang ditetapkan Federal Reserve serta stimulus moneter yang tidak kunjung keluar mampu mengerek memperkuat the greenback .

Hari ini, dolar AS melemah & ditetapkan pada pekan terburuk semenjak awal November. Alhasil, emas menjelma lebih murah bagi pemegang serampangan uang.

Sebuah bipartisan, rencana bantuan virus corona senilai US$ 908 miliar memperoleh momentum di Kongres AS. Sebagian angota parlemen konservatif mengungkapkan dukungan itu.

Juga mendukung emas adalah berita bahwa pembuat obat Pfizer memangkas targetnya untuk peluncuran vaksin Covid-19 karena masalah provokasi saat suplai

“Sebagian besar pendorong bullish yang mengarah ke reli 2020 akan semakin luntur, mengurangi kemungkinan untuk diperbarui kenaikan harga yang signifikan, ” jelas Fitch Solutions dalam sebuah catatan.

Fitch Solutions pula memperkirakan harga rata-rata emas pada US$ 1. 850 per ons troi tahun depan.

SUMBANGAN, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah temperamen kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai dana yang bisa digunakan berbelanja pada KONTAN Store.