Tersedia tambahan sektor usaha yang mampu mendapatkan tax holiday, apa sekadar?

0
118

Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengeluarkan aturan baru terpaut perincian bidang usaha yang bisa mendapatkan tax holiday . Beleid ini berupa Peraturan BKPM Nomor 7 Tahun 2020.

Sebelumnya, ketentuan kegiatan usaha yang dikategorikan sebagai pabrik pionir dan bisa mengajukan tax holiday telah diatur di dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) no. 130/PMK. 010/2020 pasal 3 ayat dua.

Dalam PMK tersebut, ada 18 kegiatan daya yang dikategorikan sebagai industri pionir dan bisa mengajukan permohonan kontraksi pajak penghasilan (PPh) badan untuk penghasilan yang diterima tersebut.

Kemudian, Klasifkasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) dari 18 kegiatan usaha tersebut diatur di dalam peraturan lama, yaitu Peraturan BKPM Nomor 8/2019 yang mencantumkan hanya 174 KBLI.

Baca Juga: BKPM sebut pengumuman EoDB 2021 diundur karena kasus fraud

Nah, di susunan BKPM teranyar ini menyebutkan ada 185 KBLI yang bisa untuk mengajukan permohonan tax holiday kepada pemerintah.

Beberapa KBLI bunga yang bisa mengajukan relaksasi itu adalah industri setra stapel poliaklirik, industri yang menghasilkan polyethilena hidup, dan industri yang menghasilkan aspal.

Ketiga KBLI itu berasal dari bidang usaha pabrik kimia dasar organik yang bersumber dari minyak bumi, gas alam, dan/atau batubara tanpa atau beserta turunannya yang terintegrasi.

Kemudian, tambahan KBLI juga tersedia di bidang usaha industri pengerjaan berbasis hasil pertanian, perkebunan, atau kehutanan yang menghasilkan bubur kertas (pulp) tanpa atau beserta turunannya.

Yaitu adalah pabrik kertas budaya yang terintegrasi secara industri yang menghasilkan pulp, Pabrik kertas lainnya, juga Industri kertas dan papan kertas bergelombang yang terintegrasi dengan industri yang menghasilkan pulp.

Kemudian, ada juga KBLI Industri kemasan serta kotak dari kertas dan karton yang terintegrasi dengan industri dengan menghasilkan pulp, Industri kertas tissue, serta industri barang dari kertas dan papan kertas lainnya yang terintegrasi dengan industri yang men pulp.

Lebih tinggi, ada perubahan di bidang daya Infrastruktur ekonomi. Kini, yang bisa mengajukan tax holiday merupakan KBLI jenis usaha pembangunan jalan tol, pembangunan pelabuhan, dan angkutan timah rel jarak jauh untuk penumpang.

Dalam beleid sebelumnya, KBLI yang bisa mengajukan tax holiday bergerak di pembanguna pekerjaan tol dan pembangunan pelabuhan yang memiliki IRR rendah.

Sementara di angkutan jalan kereta api jarak jauh untuk penumpang, zaman wajib yang terintegrasi dengan real estat yang dimiliki sendiri ataupun disewa.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.