Dialami Dewi Perssik, ini ciri-ciri bintil-bintil merah kulit yang menjadi gejala infeksi corona

0
89

KONTAN. CO. ID – Jakarta. Artis dan penyanyi Dewi Perssik pernah menderita ruam kulit kelanjutan terinfeksi virus corona. Bagaimana ciri-ciri ruam kulit akibat virus corona?

Ruam di indra peraba adalah salah satu gejala terkena virus corona yang dialami sebanyak penderita infeksi virus corona SARS-CoV-2. Selain itu, gejala positif virus corona yang paling umum adalah demam, batuk kering, kelelahan, dan tidak bisa mencium bau dan rasa.

Ada juga penanggung Covid-19 yang merasakan gejala sakit kepala, tubuh terasa nyeri, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, mata merah, dan diare. Berikut penjelasan bertambah lanjut terkait ciri-ciri ruam indra peraba gejala positif virus corona dan bagaimana infeksi virus corona mampu memicu masalah kulit tersebut.

Ciri-ciri ruam kulit gejala positif virus corona

Menurut American Academy of Dermatology Association, ruam kulit gejala Covid-19 sekilas terlihat seperti gatal-gatal pada tampak dan cacar air. Beberapa ciri-ciri ruam kulit yang dilaporkan sebanyak penderita Covid-19 antara lain:

  • Ruam kulit tak merebak
  • Kulit bentol-bentol dan terasa gatal
  • Sebagian kulit melepuh seperti cacar minuman
  • Muncul bentol-bentol sekaligus beruntusan
  • Ada bentol besar dan bentol kecil-kecil di sekitarnya
  • Merah membentuk pola kemerahan besar dalam indra peraba

Baca juga: Pernah kena corona, Dewi Persik derita ruam indra peraba, apa beda dengan ruam umum

Penelitian tengah menunjukkan, ruam kulit gejala tentu virus corona berlangsung selama dua sampai 12 hari. Rata-rata penderita mengalami ruam selama delapan keadaan. Ruam kulit pada penderita dengan terinfeksi virus corona dapat menonjol di kaki, dada, punggung, serta bagian tubuh lainnya.

Jika Anda mengalami tanda-tanda bintil-bintil merah yang telah disebutkan di untuk, segera konsultasikan ke dokter. Lamun belum tentu positif Covid-19, akan tetapi beberapa jenis ruam memerlukan pembelaan medis.

Editor: Adi Wikanto