Kenaikan harga batubara berdampak tidak langsung bagi kinerja Darma Henwa (DEWA)

0
396

Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . PT Darma Henwa Tbk (DEWA) menyebut, perbaikan harga batubara akan berdampak positif bagi kemampuan DEWA secara tidak langsung.

Chief Investor Relations & Corporate Secretary DEWA Mukson Arif Rosyidi mengatakan, pemulihan harga batubara yang terjadi belakangan ini berdampak secara tidak langsung terhadap kinerja DEWA. Sebab, pelanggan-pelanggan DEWA mau meningkatkan target produksinya untuk melacak momentum kenaikan harga batubara.

Dengan demikian, kejadian itu akan berdampak kepada penambahan target produksi dari pihak DEWA selaku penyedia jasa pertambangan. Pada akhirnya, kenaikan harga tersebut hendak berdampak pada peningkatan kinerja DEWA di masa mendatang.

“Saat ini, DEWA pun sudah menerima peningkatan permintaan produksi dibanding klien sehubungan dengan adanya perbaikan harga batu bara di penghujung tahun 2020, ” ujar tempat, Rabu (30/12).

Baca Juga: Saham sektor tambang masih direkomendasikan tahun ini, jangan lupa diversifikasi

Beberapa strategi sudah dan akan terus diterapkan oleh DEWA untuk meningkatkan kemampuan operasional dan finansial perusahaan itu. Di antaranya adalah strategi nama operasional, inisiatif manajemen aset, pengembangan sumber daya manusia, serta pengembangan bisnis yang bersifat berkelanjutan.

Mukson menyebut, beberapa bagian konkret sebagai eksekusi atas strategi-strategi tersebut antara lain membangun rebuild center, meningkatkan produktivitas dan efektivitas jam kerja, sampai menjalin kerja sama strategis dengan pihak lain yang dapat mendorong kinerja DEWA ke depan.

Jadi informasi, DEWA membukukan kenaikan perolehan sebesar 0, 58% (yoy) menjelma US$ 239, 14 juta mulai kuartal III-2020. Namun, laba terang DEWA terkikis 24, 91% (yoy) menjadi US$ 895. 255.

Sementara itu, volume pengupasan lapisan tanah atau overburden removal (OB) DEWA tumbuh 4, 02% (yoy) menjadi 86, 03 juta bank cubic meter (bcm) bola lampu kuartal III-2020. Di saat yang sama, volume produksi batu panas DEWA naik 11, 61% (yoy) menjadi 12, 77 juta ton.

Adapun sampai kuartal III-2020, DEWA telah menyerap capital expenditure (capex) atau belanja modal sebesar US$ 34, 66 juta. Beberapa besar capex DEWA digunakan untuk pembelian mesin dan peralatan hangat yang mendukung operasional perusahaan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas mengindahkan Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.