Tren surplus neraca dagang diprediksi sedang berlangsung di paruh pertama 2021

0
196

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Neraca perdagangan Indonesia pada sepanjang tahun 2020 mengalami ekses. Badan Pusat Statistik (BPS) menyimpan, surplus neraca perdagangan pada tarikh lalu sebesar US$ 21, 74 miliar.

Bila memeriksa data dari BPS, nilai penimbang dagang tersebut membaik daripada poin neraca dagang pada bulan Desember 2019 yang pada waktu itu mengalami defisit sebesar US$ 3, 2 miliar.

Ekonom Bank Mandiri, Faisal Rachman, memperkirakan, kalau tren surplus perdagangan yang besar masih akan berdiam bahkan hingga di paruh prima tahun 2021 ini.

“Kemungkinan besar akan bertahan di semester I-2021, didukung oleh perbaikan permintaan di mitra dagang istimewa dan harga komoditas utama dengan lebih tinggi, ” ujar Faisal, Jumat (15/1).

Baca Juga: Surplus neraca dagang Indonesia tahun 2020, tertinggi sejak 2011

Kemudian, baru di paruh kedua tahun ini, Faisal melihat kalau impor sudah berangkat akan menggeliat, dan mengejar ketertinggalannya seiring dengan percepatan pertumbuhan ekonomi karena penguatan konsumsi dalam daerah dan meningkatnya aktivitas investasi.

Kegiatan investasi yang bertambah tinggi ini yang akan memajukan impor bahan baku dan bahan modal menjadi meningkat. “Namun, ini dengan asumsi kalau pembatasan kegiatan masyarakat telah lebih longgar daripada tahun 2020, ” tambah Faisal.

Kemudian, Faisal pula melihat kalau kinerja impor hendak juga ditopang oleh program vaksinasi oleh pemerintah. Dengan didatangkannya vaksin dari luar negeri, maka ini akan berkontribusi dalam menggenjot nilai impor pada tahun 2021.

Dengan mulai meningkatnya kegiatan perekonomian dan juga permintaan itu, Faisal juga lalu melihat kalau ini akan berdampak pada defisit neraca transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

Di dalam tahun ini, CAD diperkirakan akan melebar ke 1, 88% sejak produk domestik bruto (PDB) ataupun lebih dalam dari perkiraan CAD di tahun 2020 yang hendak sebesar 0, 51% PDB.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menjawab Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.