Terkaan mafia migas mencuat, pengamat: Pembatalan pembelian LNG Mozambik langkah positif

0
192

Reporter: Filemon Agung | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. PT Pertamina dikabarkan telah membatalkan janji jual beli gas alam tenang (LNG) dengan Anadarko Petroleum Corporation yang diteken pada Februari 2019.

Dalam kesepakatan itu, Pertamina berencana mengimpor LNG milik Mozambik LNG1 Company Pte Ltd meliputi 1 juta ton LNG per tahun berdurasi 20 tahun yang akan dimulai pada 2024 mendatang.

Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi mengungkapkan, langkah penghapusan kontrak yang dilakukan Pertamina terhormat tepat.

“Ada telaahan mafia migas di balik keputusan blunder tersebut. Kalau benar, maka pembatalan kontrak sudah sangat tepat, ” ujar Fahmy kepada Kontan. co. id, Minggu (17/1).

Fahmy menambahkan, langkah Pertamina sebelumnya yang hendak melakukan impor pada jangka panjang justru hanya menyengsarakan defisit neraca perdagangan.

Bahkan menurutnya, pertimbangan harga yang murah dan kualitas yang indah bukan merupakan alasan yang positif.

Mengaji Juga: Anadarko bakal bangun proyek LNG di Mozambik senilai US$ 20 miliar

Fahmy menambahkan penetapan kontrak jangka panjang pastinya mempertimbangkan perkiraan kuantitas dan harga, sayangnya untuk jangka waktu 20 tarikh maka harga komoditas berpotensi mengalami fluktuasi dan bukan tidak kira-kira justru merugikan Pertamina.

Tak hanya Pertamina, PT Kongsi Listrik Negara juga bisa mengikuti menderita rugi jika nantinya nilai komoditas lebih rendah dari nilai yang disepakati.

“PLN menanggung opportunity loss, sebaliknya Pertamina diuntungkan opportunity tuju , ” jelas Fahmy.

Fahmy menambahkan, sebagai pengganti Pertamina dapat mengoptimalkan serapan LNG domestik. Menurutnya, pasokan LNG pribumi masih akan mencukupi bahkan mematok 50 tahun mendatang.

DANA, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah vitalitas kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai derma yang bisa digunakan berbelanja dalam KONTAN Store.