IHSG diramal lanjut menguat pada Kamis (21/1), saham-saham ini bisa dilirik

0
380

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan kembali menguat pada perdagangan Kamis (21/1). Satu diantara katalis penggerak IHSG besok diantaranya penentuan suku bunga Bank Nusantara (BI).

Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana menilai, dengan konsensus, Bank Indonesia diperkirakan sedang akan menahan suku bunga tuangan di level 3, 75%.

Sementara untuk sentimen pelantikan Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru terpilih yakni Joe Biden, sebenarnya pasar menunggu kecendekiaan Biden untuk dilaksanakan terlebih dahulu. “Sehingga bisa menjadi katalis bagi emiten-emiten yang bersangkutan, ” terang Herditya kepada Kontan. co. id, Rabu (20/1).

Baca Juga: IHSG menguat 1, 71% di Rabu (20/1), BBRI dan BMRI diburu asing

Untuk perdagangan besok, Herditya perkirakan IHSG masih berpeluang bergerak bangkit untuk menguji resistance di level 6460 dengan support di 6. 360. Tatkala untuk pilihan sahamnya, pelaku rekan bisa mencermati saham-saham berbasis batubara seperti PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Adaro Energy Tbk (ADRO).

Selain itu, saham-saham barang konsumsi seolah-olah PT Indofood CBP Sukses Kaya Tbk (ICBP) dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) juga pantas dicermati.

IHSG lulus ditutup menguat 1, 71% ke level 6. 249, 758 dalam perdagangan Rabu (20/1). Herditya memperhitungkan, penguatan ini disokong adanya pertolongan stimulus di AS dan dengan teknikal memang IHSG sudah terkena koreksi minimal yang sudah diperkirakan sebelumnya.

Sementara tersebut, Analis Binaartha Sekuritas Muhammad Nafan Aji Gusta Utama menilai, berdasarkan rasio fibonacci, support maupun resistance IHSG nanti berada pada 6. 366. 09 hingga 6. 463. 88.

Baca Pula: IHSG naik 1, 71% ke 6. 429 di Rabu (20/1), saham ANTM & INCO naik double digit

Berdasarkan indikator, MACD, Stochastic, maupun RSI masih menunjukkan sinyal positif. Di sisi asing, terlihat pola upward bar yang menunjukkan adanya potensi penguatan lanjutan dalam pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Pertolongan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang bernas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di LANGSUNG Store.