Hati domestik dan global bakal menjejaki koreksi rupiah pekan depan

0
359

Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Diwarnai sentimen eksternal maupun privat, pergerakan nilai tukar rupiah kepada dollar AS diprediksi masih tertekan┬ásepekan ke depan.

Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan Jumat (29/1) rupiah berhasil menguat 0, 34% ke level Rp 14. 030 per dolar AS, namun dalam sepekan rupiah menguat tipis 0, 03% dari catatan minggu lalu yang berada di level Rp 14. 035 per dolar AS (22/1).

Sedangkan data kurs tengah Bank Indonesia (Jisdor) rupiah melemah 0, 21% ke level Rp 14. 084 per dolar AS di dalam sepekan.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara memperkirakan, pergerakan rupiah sepekan ke depan cenderung mengalami pelemahan. Faktor utama berasal dari dalam jati dan luar negeri.

Adapun sentimen dari domestik dipengaruhi oleh proyeksi Bank Dunia kalau pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 membutuhkan waktu 3 tahun-5 tahun ke depan.

Baca Juga: Menanti data global, rupiah berpotensi melemah pada pekan depan

“Situasi ini menimbulkan sentimen negatif di pasar sebab optimisme yang dibangun dengan adanya vaksinasi belum cukup mendorong penggunaan domestik, ” kata Bhima pada Kontan. co. id, Minggu (31/1).

Sementara itu sejak sentimen eksternal, pergerakan rupiah terdampak rally dolar AS yang diprediksi masih akan berlanjut. Itu terjadi seiring naiknya jumlah kasus membangun Covid-19 global dan membuat investor mengincar kembali ke aset atau safe haven.

Di samping itu, pelaku pasar juga berspekulasi menghantam kebijakan kongkrit yang akan diambil Presiden AS yang baru Joe Biden ke depannya.
Disusul, fenomena Gamestop ikut jadi perhatian karena pelaku pasar skala gede melihat ancaman serius dari adanya perkumpulan investor retail yang bisa mendorong harga saham secara istimewa.

“Investor institusi tetap cemas dengan keberhasilan investor retail mengalahkan spekulasi pemain besar laksana hedge fund , ” tegasnya.

Dengan berbagai sentimen yang ada, Bhima memprediksi adanya pelemahan nilai ubah rupiah di pekan depan, yang mana rupiah bakal bergerak pada membentangkan Rp 14. 180 per dolar AS hingga Rp 14. 220 per dolar AS.

SEDEKAH, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah watak kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai pemberian yang bisa digunakan berbelanja dalam KONTAN Store.