Gapki proyeksikan harga CPO tahun tersebut bisa capai US$ 900 per ton

0
340

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN. CO. ID kacau JAKARTA . Gabungan Pengusaha Sawit Indonesia (Gapki) memperkirakan harga minyak sawit mentah (CPO) akan berkisar US$ 850 hingga US$ 900 per ton di tahun tersebut lantaran beberapa hal.

Wakil Ketua Umum III Ikatan Pengusaha Sawit Indonesia (Gapki) Togar Sitanggang berpendapat, kondisi pergerakan makna CPO di 2021 akan bertambah dinamis dibandingkan 2020. Menurutnya, akan ada perbedaan dalam permintaan patra sawit di tahun ini.

“Tahun 2020 itu kita melihat selalu melihat penurunan permintaan, 2021 kita agak bertambah optimis mungkin di second half nanti permintaan akan kembali. Mudah-mudahan kita semua berdoa vaksin juga akan berhasil, ” ujar Togar pada konferensi pers, Kamis (4/2).

Baca Serupa: Begini tanggapan Aprobi soal penundaan program B40

Menurut Togar, bila vaksinasi Covid-19 berhasil dijalankan & pertumbuhan ekonomi dunia sesuai dengan proyeksi berbagai lembaga seperti IMF dan Bank Dunia, maka suruhan dunia atas minyak sawit bakal kembali tinggi. Ditambah, adanya seruan dalam negeri yang juga menyusun.

“Artinya, kita mau berjualan lebih banyak, ditambah secara pemakaian dalam negeri khususnya B30, akan terjadi pengurangan stock golongan untuk Indonesia di akhir tahun 2021, ” terangnya.

Meski begitu, Togar pun mengucapkan ada hal lain yang mempengaruhi harga minyak sawit tahun ini. Menurutnya, adanya peningkatan kedelai lantaran China untuk pakan sawit, akan berimbas pada peningkatan produksi minyak kedelai dan berdampak pula pada permintaan minyak sawit.

“Jadi ini kombinasi dari 2 hal, sehingga saya melihatnya di keseluruhan tahun 2021 secara sama saya masih berkisar US$ 850 ke US$ 900, ” kata Togar.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami buat menyajikan artikel-artikel yang berkualitas serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang mampu digunakan berbelanja di KONTAN Store.