Harapan dinar dan dirham mengekor pergerakan harga emas dan perak

0
339

Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN. CO. ID – JAKARTA . Sama-sama masuk ke pada logam mulia, prospek investasi dinar dan dirham sejalan dengan peluang harga emas dan perak ke depan.

Co-Founder sekali lalu CEO Tamasia Muhammad Assad mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir suruhan terhadap dinar meningkat. Ini bersamaan pertumbuhan harga emas di 2020 yang trennya naik. Sementara itu, meskipun Tamasia belum menawarkan buatan dirham, namun prospek ke pendahuluan diprediksi masih akan positif.

“Dinar karena berbasis emas, diprediksi kenaikan returnya mampu 20% hingga akhir tahun itu. Sedangkan untuk Dirham yang berbasis perak akan mengekor Dinar, ataupun justru lebih tinggi dari dinar, ” kata Assad saat dihubungi Kontan. co. id, Jumat (5/2).

Menangkap Juga: Koin dinar dan dirham produksi Antam tidak ditujukan sebagai alat tukar

Assad menyebutkan, pada prinsipnya investasi dinar dan dirham serupa dengan investasi perhiasan. Bila emas 24 karat memiliki kesucian 99, 9%, dinar memiliki pengaruh emas 22 karat atau 91, 7%, sehingga harganya pun akan mengikuti pergerakan harga komoditas aurum ke depan.

Di samping itu, sebagai salah mulia logam mulia, dinar juga memiliki peranan sebagai aset safe haven . Sehingga, selain aman dan terhindar dari efek volatilitas harga. Assad menambahkan, investasi dinar cenderung lebih likuid dan mudah diperjualbelikan.

Mengenai untuk prospek harga dirham ke depan, Assad menilai cukup menarik seiring dengan kenaikan harga perak akhir-akhir ini. Jika tahun lulus, harga perak masih bertengger di kisaran Rp 9. 000 per gram, saat ini sudah beruang di kisaran Rp 13. 000 per gram atau sudah tersedia kenaikan sekitar 40%.

Berkaca dari pergerakan tersebut, patuh Assad, tidak menutup kemungkinan bahwa ke depan persentase kenaikan dirham bisa melampaui dinar.

“Dirham bakal jadi new gold , tapi dasar harganya saat ini masih jauh dari emas atau dinar. Buat bisa melihat value dirham sendiri, harus ada edukasi ke asosiasi kalau dirham juga bisa dijadikan pilihan investasi, ” imbuhnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas menjawab Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.