Obligasi korporasi dinilai berpotensi beri return 8% pada tahun ini

0
327

Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN. CO. ID –┬áJAKARTA. Berharap pada pemulihan ekonomi yang lebih positif di tahun ini, obligasi korporasi diprediksi mampu memberikan return hingga 8% di 2021. Syaratnya, investor tetap harus menanggapi beberapa faktor utama sebelum berkempul-kempul obligasi korporasi.

Mengutip laman Bursa Efek Indonesia (BEI), pada penutupan perdagangan Rabu (17/2) total return untuk indeks obligasi korporasi INDOBeXC-TR berada di level 336, 27, sedangkan untuk total return ruang obligasi pemerintah berada di golongan 306, 9.

Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan, tren suku bunga rendah ikut menyeret penurunan yield ataupun imbal hasil obligasi pemerintah atau Surat Berharga Negara (SBN).

Baca Selalu: Punya prospek tentu, sekarang waktu yang tepat melirik obligasi korporasi?

Selain itu, suku bunga tumpuan Bank Indonesia (BI) yang masa ini berada di bawah 3, 5% mendorong pelaku pasar buat mencari alternatif instrumen investasi dengan imbal hasil yang lebih tinggi.

Di samping itu, pemulihan ekonomi menjadi alasan untuk korporasi untuk mulai ekspansi dan berani menawarkan obligasi dengan balasan hasil lebih tinggi. Bahkan, Wawan melihat bahwa imbal hasil dengan ditawarkan korporasi saat ini berharta di level yang sama kaya sebelum terjadi pandemi Covid-19.

“Bagi investor yang jantan mengambil risiko lebih, obligasi korporasi jadi pilihan menarik. Apalagi, yield dengan ditawarkan berkisar 8% hingga 9%, ” ungkap Wawan kepada Langsung, Rabu (17/2).

Baca Juga: Likuiditas pasar tinggi, ORI019 laku cantik

Sekalipun begitu, risiko default untuk obligasi korporasi tetap ada, ditambah lagi risiko dari sisi likuiditas si penerbit obligasi korporasi itu sendiri. Buat itu, penting untuk mempelajari fundamental dari korporasi penerbit obligasi korporasi, serta mengenal lebih dalam pemilik perusahaan.

INFAK, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah spirit kami untuk menyajikan artikel-artikel dengan berkualitas dan bermanfaat.

Jadi ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai sumbangan yang bisa digunakan berbelanja pada KONTAN Store.