Pemerintah susun skema tingkatkan peresapan produk UMKM oleh BUMN

0
246

Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID berantakan JAKARTA. Kementerian Koperasi dan UKM menjalin kerja sesuai dengan Kementerian BUMN untuk meningkatkan penyerapan produk UMKM oleh perusahaan pelat merah (BUMN). Kedua kementerian itu sedang menyiapkan skema supaya mempercepat implementasi tersebut.

Menteri Koperasi & UKM Teten Masduki mengatakan, ada dua skema implementasi penyerapan produk UMKM oleh BUMN yang disiapkan ke-2 kementerian. Yakni melalui rekan digital dan rantai kadar BUMN.

“Sesuai dengan arahan presiden kemitraan antara Departemen Koperasi dan UKM secara Kementerian BUMN dalam perut hal tadi supaya dikonkretkan, ” kata Teten pada siaran pers yang diterima Kontan. co. id di dalam Selasa (9/3).

Baca Serupa: Menteri Koperasi dan UKM dorong perluasan tambak udang melalui koperasi

Teten mengatakan pasokan produk UMKM dalam global value chain baru mencapai 4, 1%. Diharapkan dengan kemitraan kedua kementerian berjalan baik sehingga bisa mendorong persentase produk-produk UMKM Indonesia masuk ke global value chain lebih besar lagi.

“Kita belum bisa memperhitungkan targetnya berapa. Kita sedia develop dulu, kita sedia cari peluang-peluang dulu, karena yang diharapkan pertama dengan mengintegrasikan produk UMKM dalam rantai pasok itu dimulai dari BUMN, ” perkataan Teten.

Buat mendorong peningkatan persentase produk-produk UMKM Indonesia masuk ke global value chain, Kementerian Koperasi dan UKM juga menjalin kemitraan dengan pihak swasta. Terutama dalam peristiwa meningkatkan mutu produk UMKM.

Teten mengungkap, selama ini sudah ada produk UMKM yang dipasok untuk rem kereta elektrik atau produk untuk menyediakan jaringan transmisi PLN. Produk-produk tersebut tengah diupayakan buat dikembangkan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas & bermanfaat.

Sebagai aforisme terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa dimanfaatkan berbelanja di KONTAN Store.