Bank Dunia mengharap G20 memperpanjang pembekuan pembayaran utang tenggat akhir 2021

0
65

Sumber: Reuters | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID kacau WASHINGTON . Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan pada hari Senin bahwa dia mengharapkan China, Amerika Serikat dan negara-negara anggota G20 yang lain untuk memperpanjang pembekuan pembayaran layanan hutang bilateral mematok akhir 2021.

G20 Debt Service Suspension Initiative (DSSI) telah positif negara-negara menunda pembayaran sekitar US$ 5, 7 miliar hingga akhir tahun 2020, dengan US$ 7, 3 miliar lagi pembayaran yang ditangguhkan diharapkan hingga Juni, menurut data Bank Negeri.

Memperpanjang pembekuan pembayaran utang hingga akhir tahun mau menghemat lebih banyak kekayaan yang dapat digunakan negara-negara untuk memerangi pandemi COVID-19 dan mendukung ekonomi mereka, kata Malpass kepada wartawan.

Baca Juga: Lockdown lagi, Prancis pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi tarikh 2021 jadi 5%

Dia mengucapkan anggota G20 mungkin mau menetapkan bahwa perpanjangan sesuai itu akan menjadi “terakhir” yang ditawarkan.

Melakukan hal itu akan mendorong negara-negara untuk hidup menuju “solusi permanen untuk situasi utang mereka, ” termasuk melalui Kerangka Umum G20 untuk penanganan utang, Bank Dunia dan Simpanan Moneter Internasional mengatakan di makalah bersama di sini dengan disiapkan untuk pertemuan musim semi mereka minggu tersebut.

Malpass mengutarakan “keringanan utang yang sebenarnya” akan dibutuhkan dalam masa panjang untuk memungkinkan negeri2 termiskin mengurangi beban pinjaman mereka yang tidak terus-menerus ke tingkat yang lebih moderat.