Awas produk palsu, ini cara cek obat tradisional yang aman menurut BPOM

0
55

KONTAN. CO. ID – Jakarta. Ada banyak obat tradisional untuk menyembuhkan bermacam-macam jenis penyakit. Namun pemakai obat tradisional harus hati-hati, karena ada produk gelap yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Simak cara memilih obat tradisional yang aman patuh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Banyak orang memilih obat tradisional dengan berbagai petunjuk. Meski terbuat dari sasaran alami, namun Anda tetap harus berhati-hati dalam menetapkan obat tradisional agar terhindari dari efek samping yang mungkin timbul.

Obat tradisional terbuat sebab ramuan dari bahan tumbuhan, satwa, bahan mineral, atau sediaan sarian (galenik). Kaum obat tradisional juga ialah campuran dari beberapa bakal di atas.

Di Indonesia sendiri, bertebaran obat dan suplemen yang berdasar ramuan tradisional. Kaum sudah memiliki izin memutar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM, beberapa lagi belum memiliki.

Baca juga: Awas bahaya pengembangan kolesterol, ini cara menyandarkan kolesterol jahat tanpa obat

Nah demi keamanan, pilihlah berbagai obat dan suplemen dengan memiliki izin edar resmi sehingga sudah terjamin keamanannya. Sebagai acuan untuk masyarakat, BPOM mengeluarkan panduan bagaimana cara memilih obat tradisional yang tepat.

1. Cek kemasan obat tradisional

Pra membeli, cek dulu paket obat tradisional yang ada. Obat tradisional yang layak dibeli dan dikonsumsi harus memenuhi persyaratan ini:

  • Kemasan obat tradisionaldalam keadaan baik ataupun bersih.
  • Paket obat tradisional tidak merembes.
  • Kemasan obat tradisional tidak menggelembung atau penyok
  • Kemasan obat tradisional tidak mengambil organ tubuh atau foto-foto vulgar.

Editor: Besar Wikanto