Bahas nasib Myanmar, 8 majikan ASEAN sudah berada pada Jakarta

0
185
alt=

Sumber: Petunjuk. com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Sebanyak delapan orang pemimpin negara-negara ASEAN telah berada pada Jakarta jelang pelaksanaan ASEAN Leaders Meeting (ALM) ataupun Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang akan digelar pukul 14. 00 WIB, Sabtu (24/4/2021).

Mereka yakni Presiden Joko Widodo, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chính, Tuan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, dan Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. Kemudian, Pertama Menteri Malaysia Muhyiddin Hassin, Menteri Luar Negeri Laos Saleumxay Kommasith, Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Kehadiran para pemimpin negara ASEAN itu disiarkan lewat YouTube Sekretariat Presiden sejak Jumat (23/4) hingga hari tersebut. Sementara itu, publik masih menantikan kepastian kedatangan majikan militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing.

Baca Juga: Komisi IX DPR dukung program pencegahan anak membeli rokok

Juru Kata Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan, pihaknya datang saat ini pun masih menanti kepastian kabar kedatangan Jenderal Min. Pasalnya, KTT siang nanti akan mempercakapkan situasi di Myanmar.

Pertemuan yang digelar di Sekretariat ASEAN dalam Kebayoran Baru, Jakarta tersebut pun diharapkan mencapai kemufakatan bersama untuk membantu Myanmar keluar dari konflik era ini.

Pihak Kemenlu menyatakan tidak bisa memberikan kepastian karena seruan bagi pemimpin negara yang hadir menjadi otoritas Sultan Brunei Darussalam selalu Kepala ASEAN. “Saya juga menduduki kabar tersebut (kedatangan), ” ujarnya saat dikonfirmasi Kompas. com, Sabtu.

Meski demikian, lanjut Faiza, persiapan tetap dilakukan. Tatkala itu, saat disinggung perihal penolakan sejumlah pihak untuk kedatangan Jenderal Min, Faiza memaklumi hal itu. Pokok, kedudukan Sekretariat ASEAN berharta di Jakarta.

Baca Selalu: Kementerian ESDM jamin pasokan gas hulu jika pipa Cirebon-Semarang digarap pakai APBN

Kondisi ini sebanding halnya dengan Sekretariat PBB di New York, Amerika Serikat, di mana siapapun delegasi tetap diizinkan masuk saat sidang PBB. “Bisa dimaklumi adanya penolakan tersebut. Namun yang perlu dipahami adalah status kedudukan Sekretariat ASEAN ada di Jakarta, ” tutur Faiza.

“Kalau bisa dipadankan adalah kantor Sekretariat ASEAN dengan kantor PBB dalam New York. Siapapun ketua delegasi yang datang ke sana saat persidangan tentu dibolehkan masuk, ” tambahnya. (Dian Erika Nugraheny)

Artikel ini telah membawa di Kompas. com secara judul “8 Pemimpin ASEAN Sudah Berada di Jakarta Jelang KTT yang Telaah Nasib Myanmar”

DONASI, Dapat Voucer Percuma!

Dukungan Kamu akan menambah semangat awak untuk menyajikan artikel-artikel dengan berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih untuk perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi dengan bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.