Jaga ketersediaan beras, pemerintah maka akan impor beras 1 juta ton

0
309
alt=

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Pemerintah jadi melakukan impor beras sekitar 1 juta ton untuk menjaga ketersediaan stok beras sebesar 1 hingga 1, 5 juta ton.

Hal tersebut tertera dalam bahan paparan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Rapat Kerja Kemendag, Kamis (4/3). Di dalam paparan tersebut, tertera yakni impor sebesar 1 juta ton, yang terbagi five hundred. 000 ton untuk Cadangan Beras Pemerintah (CBP) lalu 500. 000 ton sesuai kebutuhan Bulog.

Ini adalah upaya menjaga ketersediaan stok beras setelah adanya bansos beras PPKM, antisipasi dampak banjir dan pandemi Covid-19.

Selain melalui impor, upaya menjaga ketersediaan stok beras tersebut diaplikasikan melalui penyerapan gabah dengan Bulog dengan target setara beras 900. 000 lot pada saat panen raya Maret hingga Mei 2021 dan 500. 000 great deal pada Juni hingga Sept 2021.

Baca Juga: Jokowi minta Kemendag jamin ketersediaan bahan pokok jelang puasa dan lebaran

“Pemerintah juga melihat bahwa komoditas pangan itu menjadi penting, sehingga salah satu yang penting adalah penyediaan beras dengan stok 1-1, 5 juta ton, ” ujar Airlangga.

Menanggapi mengenai hal ini, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan bahwa impor tersebut ditujukan sebagai iron stok / cadangan beras Bulog.

“Waktu daripada impor Bulog itu adalah tuk iron stok. Iron share itu adalah barang yg memang ditaruh oleh Bulog sebagai cadangan, di mana dia musti memastikan barang itu selalu ada. Menjadi, tidak bisa dipengaruhi oleh panen atau apapun karena memang dipakai sebagai metal stock. Dan ini telah kita sepakati, sudah kita perintahkan. Waktu, tempat lalu harga itu di tangan saya, ” ujar Lutfi.

DONASI, Meraih Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa dimanfaatkan berbelanja di KONTAN Shop.