Sebanyak tunjangan PNS akan dihapus, itu penjelasannya

0
449

Sumber: Kompas. com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Rancangan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang baru tengah digodok oleh pemerintah. Implementasinya direncanakan secara bertahap mulai tahun depan.

Dikutip dari keterangan resmi Institusi Kepegawaian Negara (BKN), Senin (7/12/2020), pemerintah berencana menghapus beberapa tunjangan dan menggabungkannya menjadi hanya terdiri dari komponen gaji dan besar jenis tunjangan saja.

Perumusan kebijakan tentang upah, tunjangan, dan fasilitas PNS menunjuk pada amanat Pasal 79 & 80 UU ASN dan mengarahkan penghasilan PNS ke depan yang sebelumnya terdiri dari banyak komponen disimplifikasi.

Formula honorarium PNS yang baru akan ditentukan berdasarkan beban kerja, tanggung jawab, dan risiko pekerjaan. Implementasi metode gaji PNS ini nantinya dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Gaji PNS akan naik tahun depan? Begini penjelasan BKN

Diawali dengan metode perubahan sistem penggajian yang semula berbasis pangkat, golongan ruang, serta masa kerja menuju ke bentuk penggajian yang berbasis pada kehormatan jabatan. Sementara untuk formula tumpuan PNS meliputi tunjangan kinerja dan tunjangan kemahalan.

Ringkasan tunjangan kinerja didasarkan pada capaian kinerja masing-masing PNS. Sedangkan rumusan tunjangan kemahalan didasarkan pada ruang harga yang berlaku di daerah masing-masing daerah penempatan PNS.

Plt Deputi Sumber Gaya Manusia Aparatur Kementerian PANRB, Setia Widjanarko menjelaskan, berdasarkan formulasi penghasilan serta tunjangan PNS yang ditata sebelum pandemi Covid-19, periode 2018-2019, memang ada kenaikan.

Baca Juga: ​Cara mengecek bantuan subsidi upah guru agama

DONASI, Bisa Voucer Gratis!

Sokongan Anda akan menambah semangat saya untuk menyajikan artikel-artikel yang berisi dan bermanfaat.

Sebagai peribahasa terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi dengan bisa digunakan berbelanja di LANGSUNG Store.