Soal kebijakan hunian berimbang, Ciputra (CTRA) menilai aturan tersebut tidak ideal

0
255

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID – JAKARTA. Keyakinan hunian berimbang menjadi salah satu aturan yang berpengaruh dalam industri properti. Hal tersebut tertuang pada Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas PP Nomor 14 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perumahan & Kawasan Pemukiman.

Dalam pasal 21B yang menyebutkan bahwa skema perumahan dengan Hunian Berimbang mencakup perumahan skala besar & perumahan selain skala mulia.

Adapun secara komposisi, pendirian kawasan perumahan skala gembung harus dengan komposisi 1: 2: 3 yakni mencakup satu rumah mewah berbanding paling sedikit dua sendi menengah, serta tiga rumah sederhana.

Direktur PT Ciputra Development Tbk (CTRA) Harun Hajadi mengatakan pihaknya tentu mengikuti seluruh kebijakan yang sudah menjelma produk hukum dalam usaha properti. Hanya saja saat ini bagaimana mengelola kebijaksanaan tersebut.

Baca Juga: Marketing sales diramal naik, ini rekomendasi buat saham Ciputra Development (CTRA)

“Kalau sudah menjadi produk patokan, semua entitas hukum sungguh harus mengikuti. Tinggal saat ini bagaimana mengelolanya, ” perkataan Harun saat dihubungi KONTAN, Minggu (28/2).

Hanya saja menurutnya, kebijakan dalam PP 12 tahun 2021 terutama wajib melakukan pembangunan kawasan perumahan skala besar harus dengan komposisi 1: 2: 3 dinilai tidak ideal.

“Tentu aturan nya tidak teoretis sama sekali. Kalau dipaksa bangun kemudian tidak terserap dengan baik oleh pasar lantas bagaimana? Kan developer positif bertumbangan atau bahkan tak banyak lagi yang bersetuju jadi developer , ” tandasnya.

Hal ini menurutnya dapat mengakibatkan penurunan tajam pada supply sehingga berisiko pada harga perumahan dengan meningkat drastis. Untuk tersebut, ia berharap agar kecendekiaan aturan tersebut dapat disesuaikan dengan lokasi yang pas.

DONASI, Mampu Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menaikkan semangat kami untuk menampilkan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai pepatah terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.