Tjahjo Kumolo: ASN harus menjelma contoh untuk tidak pegangan lebaran

0
191

Sumber: Kompas. com | Editor: Handoyo.

KONTAN. CO. ID kacau JAKARTA . Pemerintah telah memutuskan melarang kegiatan mudik Lebaran 2021 untuk seluruh masyarakat Indonesia. Pertimbangannya, pandemi masih berlaku sehingga pergerakan orang pada jumlah besar, berpotensi memajukan penularan Covid-19.

Menindaklanjuti hal itu, Gajah Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan, pihaknya akan menerbitkan Surat Informasi Menpan RB tentang larangan mudik lebaran untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). “Senin (29/3/2021) rencananya dikeluarkan tulisan edaran Menpan RB, ” ujar Tjahjo dalam informasi tertulis yang dilansir Kompas. com, Senin.

SE tersebut nantinya akan mengakomodasi kesimpulan rapat menteri yang telah menyepakati bahwa ASN dilarang mudik lebaran. Dengan adanya SE ini, ASN diharapkan patuh dan dapat menjelma contoh bagi masyarakat. “ASN harus jadi pelopor dan bisa memberikan contoh untuk tidak mudik di liburan Lebaran tahun ini, ” kata dia.

Baca Serupa: Mudik Lebaran dilarang, Kemenhub bahas peraturan operasional bus se-Jabodetabek

Tidak hanya jadi contoh bagi bangsa untuk tidak mudik Lebaran, Tjahjo juga meminta semesta ASN wajib mengingatkan keluarga besarnya serta lingkungannya buat melakukan hal yang sepadan. Dia menyebut ajakan sesuai itu sangat penting pada upaya memutus rantai penularan Covid-19.

“Sebab, berdasarkan pengalaman setiap tersedia masa liburan panjang, kejadian penularan cenderung naik. Ini tentu akan jadi tekanan kepada para tenaga kesehatan tubuh, ” kata Tjahjo.

“Ini kan semata-mata untuk memutus rantai pandemi Covid-19 agar tidak merembet ke daerah, ” ucapnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah sifat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai sokongan yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.